Hari raya Idul Fitri atau yang sering disebut dengan lebaran merupakan salah satu hari yang sangat dinanti-nantikan oleh seluruh umat muslim di dunia yang telah menyelesaikan kewajiban ibadahnya yaitu puasa selama 30 hari dengan menahan segala hawa nafsu, lapar, haus, emosi, dan yang lain sebagainya.

Lebaran mendapatkan julukan sebagai hari suci. Hari suci tersebut memiliki makna yang antara lain adalah di mana setiap umat muslim yang telah berhasil menyelesaikan kewajibannya lalu pada hari raya idul fitri, mereka bagaikan lahir kembali dalam keadaan yang fitrah.

Bukanlah hal yang asing lagi apabila pada saat hari raya Idul Fitri memiliki banyak tradisi khususnya di negara Indonesia. Tradisi yang biasanya dilakukan oleh para keluarga muslim di Indonesia adalah mudik, halal bi halal, takbir keliling, menyalakan petasan, membeli baju baru, saling memberi dan menerima THR, hingga menyediakan makanan yang sangat khas ketika waktu lebaran sudah mulai mendekat.

Makanan yang sangat khas disediakan ketika hari raya Idul Fitri adalah opor ayam dan sambal goreng. Selain itu, ada kue kering lebaran yang biasanya disajikan untuk para tamu yang datang berkunjung maupun untuk dimakan sendiri. Kue kering juga termasuk makanan yang khas disaat lebaran.

Biasanya jelang hari raya Idul Fitri, aneka kue lebaran sangat diburu oleh para ibu-ibu. Lalu sebenarnya apa sajakah kue kering lebaran yang menjadi sangat khas ketika hari raya Idul Fitri tiba dan menjadi pilihan?

Kue kering lebaran antara lain adalah sebagai berikut

  1. Nastar

Kue kering yang memiliki nama nastar ini merupakan salah satu kue yang sangat terkenal ketika hari raya Idul Fitri datang. Nama Nastar sendiri berasal dari bahasa Belanda yaitu ‘ananas’ yang berati nanas, dan ‘tar’ yang berarti kue atau pie. Jadi nastar sendiri memiliki arti tart nanas. Di Eropa, kue ini berisi selai blueberry atau apel. Namun di Indonesia blueberry begitu sulit didapat maka digantilah dengan selai nanas.

  1. Kastangel

Lalu selanjutnya ada kue kering yang bernama Kastengel. Kastangel merupakan kue kering yang diadaptasi dari kue khas Belanda yaitu ‘kaas’ yang memiliki arti keju.

Umumnya kue kastengel menggunakan keju tua seperti keju edam. Namun karena harga keju edam yang terbilang mahal, maka keju chedar dipilih sebagai bahan alternatif pembuatan kastengel.

  1. Kue Semprit

Kalau untuk kue kering yang satu ini termasuk kue yang selalu masuk di jajaran kue kering khas lebaran dan tidak pernah absen. Kue yang berbahan dasar tepung terigu ini mempunyai rasa dan tekstur yang khas. Yang paling khas dari kue ini adalah topping choco chips atau selai di atasnya.

  1. Putri Salju

Kue khas lebaran yang satu ini memiliki nama yang bisa terbilang unik. Nama putri salju bisa disematkan dalam makanan ini karena berwarna putih yang berasal dari taburan gula halus. Kue ini semakin terlihat menarik dengan bentuknya yang menyerupai bulan sabit.

  1. Keciput Wijen

Kue kering yang satu ini memiliki rasa yang manis. Dimasak dengan taburan wijen membuatnya dinamakan dengan keciput wijen.

  1. Lidah Kucing

Selain putri salju yang memiliki nama unik, selanjutnya ada lidah kucing. Diberi nama lidah kucing sebab memiliki bentuk yang menyerupai dengan lidah kucing. Kue khas lebaran lidah kucing sendiri masuk ke Indonesia pada saat masa koloni belanda. Kue ini juga banyak ditemui saat hari raya idul fitri.

  1. Kue Kembang Goyang

Kue kering lebaran ini memang memiliki nama yang unik. Bahkan mungkin bisa saja sudah pernah menjumpainya namun tak mengetahui jika namanya adalah kembang goyang. Sesuai dengan namanya kue ini memiliki bentuk seperti bunga atau bahkan hampir seperti roda. Kue kering lebaran ini memiliki rasa yang manis dan gurih.

  1. Kue Egg Roll

Dengan teksturnya yang lembut dan juga renyah, tidak heran banyak orang yang sangat menggemarinya. Kue ini mempunyai bentuk yang memanjang dan menggulung, persis seperti cerutu.

  1. Biji Ketapang

Lalu selanjutnya aneka kue kering lebaran yang banyak diminati adalah biji ketapang. Diberikan dengan nama biji ketapang karena memiliki bentuk yang menyerupai dengan biji ketapang. Rasa yang dihasilkan dari kue biji ketapang ini adalah renyah, manis dan sedikit asin. Cara membuat biji ketapang pun juga bisa terbilang mudah, karena tak perlu menggunakan oven, hanya digoreng saja.

Itulah aneka kue lebaran yang banyak dicari ketika hari raya Idul Fitri atau lebaran. Apabila di saat lebaran ingin memberikan parcel namun berisikan kue kering lebaran pun tetap bisa. Parcel kue juga sudah banyak disediakan dibanyak tempat yang bisa dipesan. Parcel kue tentunya merupakan bingkisan dengan isi banyak macam aneka kue lebaran.

 

Related Posts